Komunikasi Data

  • Komunikasi data merupakan teknik komunikasi yang dilakukan antar perangkat digital dalam proses pengiriman dan pengolahan data yang berbentuk digital, yaitu bit 0 dan 1. Data analog (suara) juga dapat ditransmisikan apabila data tersebut diubah menjadi data digital.
  • Standard protocol dalam komunikasi data diperlukan untuk menjamin kelancaran sistem dalam proses pengiriman data.
  • Komunikasi memiliki tugas-tugas yang harus dilakukan, yaitu pemanfaatan sistem transmisi, interfacing, generasi sinyal, sinkronisasi, pertukaran manajemen, koreksi dan deteksi error, flow control, pengalamatan, routing, recovery, format pesan, keamanan dan manajemen jaringan.
  • Terdapat 3 elemen utama komunikasi data, yaitu sumber (pengirim data), media komunikasi (media yang digunakan untuk mengirim data) dan penerima (alat yang menerima data).
  • Perangkat terminal data (Data Terminal Equipment) adalah perangkat terminal dalam komunikasi data yang berfungsi sebagai pengirim dan penerima data serta informasi.
  • Komunikasi data memiliki 3 jenis : 
    1. Simplex, adalah jenis komunikasi data yang berjalan secara searah. Contohnya adalah komunikasi antara keyboard dengan processor.
    2. Half Duplex, adalah jenis komunikasi dua arah namun proses pengiriman dan penerimaan datanya dilakukan secara bergantian. Contohnya adalah komunikasi dengan perangkat HT (Handy Talk).
    3. Full Duplex, adalah jenis komunikasi yang dilakukan secara dua arah dan dapat dilakukan secara bersamaan. Contohnya adalah komunikasi melalui perangkat telepon.
  • Bentuk komunikasi data :
    1. Off-line Communication System adalah sistem pengiriman data ke pusat pengolahan, tetapi datanya tidak akan diproses langsung oleh CPU.
    2. On-line Communication System adalah sistem pengiriman data yang datanya dapat diproses secara langsung oleh CPU. Bentuknya : Realtime System, Batch Processing System, Timesharing system, dan Distributed data Processing System.
  • Jaringan komunikasi data dibutuhkan apabila perangkat-perangkat yang digunakan terletak pada jarak yang berjauhan,
  • Jaringan computer merupakan sekumpulan perangkat computer yang saling berhubungan sehingga dapat berkomunikasi untuk saling berbagi sumber daya.
  • Protocol jaringan sangat dibutuhkan agar jaringan dapat berfungsi, protocol akan menyediakan layanan-layanan yang akan mengatur seluruh sistem jaringan dalam pembagian sumber daya.
  • Jaringan computer diklasifikasikan menjadi 3 :
    1. Local Area Network (LAN), adalah jaringan komputer yang memiliki cakupan wilayah yang kecil. Misalnya jaringan computer di sekolah, kantor dan rumah.
    2. Metropolitan Area Network (MAN), adalah jaringan komputer dalam suatu kota yang menghubungkan jaringan di beberapa tempat. Misalnya jaringan komputer antar gedung satu dengan yang lain.
    3. Wide Area Network (WAN), adalah jaringan koputer yang memiliki cakupan wilayah yang sangat luas. Misalnya jaringan computer antar negara yang dihubungkan melalui internet.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Error Detection

Teknik Pengkodean (Encoding)

Laporan Sharing File